Kamis, 21 November 2013

Kuliner Bekasi

Yang Tradisional, itu yang paling Nikmat

Ketika mendengar kata Kuliner tradisional Bekasi, banyak yang bingung untuk menebak apa saja makanan khas yang ada di Kabupaten Bekasi. kali ini, saya akan share kuliner apa saja yang patut di coba yang ada di kabupaten Bekasi. meski jarang dan awam di dengar oleh banyak orang, tapi jika sudah dicoba, kuliner khas Bekasi justru rasanya lebih nendang karna masakannya diolah dengan bumbu tradisional yang rasanya sangat berasa (baik pedasnya, manisnya, asemnya, maupun asinnya).

Apa saja makanan khas Kabupaten Bekasi, mari kita telusuri satu-persatu :

1. Sayur Gabus Pucung
Orang asli Bekasi, pasti kenal makanan ini. Sayur Gabus pucung merupakan sayur gabus yang diberi bumbu dengan kuah pucung. pucung tersebut yang membuat sayur ini berwarna hitam. secara rasa, sayur ini sangat nikmat, rasa pedas dengan tambahan rasa asin dan sedikit manis yang pas, membuat masakan ini jadi gurih. Sayur gabus pucung ini memang sulit ditemukan di restoran, biasanya sayur gabus pucung dijual di rumah makan khusus yang menjual gabus pucung, yang ada di daerah pangkalan cepe (buwek). saya lebih suka sayur gabus pucung buatan ibu saya, karna rasanya yang tak kalah duanya...


2. Sayur Bekasem
Bayak yang tidak mengenal sayur Bekasem, termasuk orang bekasi sendiri. sayur bekasem merupakan sayur asem yang dikuningin dengan tambahan ikan-ikan yang sudah di fragmentasikan (sudah busuk). biasanya, ibu saya memasak sayur bekasem ini dengan campuran ikan teri.


3. Kue dodol Bekasi
Secara tampilan dan penyajian, dodol Bekasi sudah memiliki ciri yang unik. Dodol Bekasi itu adalah dodol paling enak yang saya rasakan. tapi sayang, jika ingin memasarkan dodol bekasi, memang biasanya dijual dengan tampilan baskom atau dalam ukuran yang besar, sehingga hal tersebut menyebabkan dodol bekasi, ribet buat dibeli. dodol bekasi biasanya banyak dijumpai saat hari raya besar islam atau acara hajatan. teksturnya yang padat dan rasanya yang sangat manis, membuat dodol bekasi menjadi makanan yang pas disantap dengan kopi atau teh. dan nikmatnya, dodol bekasi ini bisa dijadikan dodol goreng dengan dicampur tepung. yang paling unik dari dodol bekasi adalah cara memasaknya di kuali besar, yang harus terus diaduk tanpa boleh berhenti. biasanya, ncang-ncing saya masak dodol klo ada sodara saya yang hajatan.



4. Kue akar Kelapa (procot)
Kue akar kelapa, atau yang lebih dikenal sebagai kue Procot (di daerah saya) merupakan kue kering yang rasanya manis. proses pembuatan kue ini tidak begitu sulit, hanya saja butuh ketelatenan untuk memasaknya ketika dijadikan bentuk akar-akar kelapa saat memasukkannya ke kuali dengan minyak yang panas. kue ini juga banyak ditemui saat lebaran dan acara hajatan.


5. Kue Rengginang
klo kue yang satu ini, memiliki rasa gurih. dibuat dari beras yang menjadi aron, kemudian dikeringkan, baru di masak di kuali dengan minyak yang panas. kue rengginang ini menjadi kegemaran orang bekasi. biasanya kue rengginang ini bisa berwarna-warni jika dicampurkan pewarna makanan. Hal tersebut bisa menarik perhatian orang-orang yang ingin mencicipi rengginang.


6. Kue Geplak
Kue yang satu ini, namanya kue Geplak. dibuat dari tepung beras yang pada saat proses finishingnya ditaburi dan dilumuri dengan gula bubuk. rasa kue ini sangat manis, sehingga sangat nikmat untuk menemani kopi dan teh. kue ini juga biasanya ditemukan saat lebaran dan menjadi hantaran kue pernikahan orang-orang Bekasi.


7. Kue Wajik
Kue ini hampir mirip dengan kue Geplak. dibuat dari tepung beras, hanya saja kue ini biasanya disajikan dengan aneka warna. rasa kue ini sangat manis, sehingga sangat nikmat untuk menemani kopi dan teh. kue ini juga biasanya ditemukan saat lebaran dan menjadi hantaran kue pernikahan orang-orang Bekasi.


Itu beberapa makanan dan kuliner khas kabupaten Bekasi. sebenernye masih banyak makanan lainnya di kabupaten Bekasi, hanya saja belum yang lainnya belum terekspos dan jenisnya hampir sama dengan kue-kue daerah lainnya....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Add your Comment now...
Thank you. ^_^