Senin, 14 Januari 2013

PARIWISATA KABUPATEN BEKASI

Journey to the Bekasi Regency


Kab.Bekasi merupakan daerah yang memiliki perpaduan dua unsur etnis dari Betawi dan Sunda. Sejak dahulu, Kab.Bekasi dihuni oleh mayoritas etnis  betawi yang tinggal di sekitar Bekasi, mereka bermukim sudah lama di kab. Bekasi. Mayoritas Masyarakat di bekasi menggunakan bahasa Bekasi "ORA" yang mirip sekali dengan bahasa betawi pada umumnya. kabupaten Bekasi juga memiliki kelebihan lain dalam bidang Pariwisata. baik itu Pariwisata alam, buatan, sejarah, maupun Industri. Hal tersebut yang menjadikan kabupaten Bekasi sebagai daerah yang layak untuk dikunjungi.
Untuk tulisan kali ini, saya akan memberikan informasi mengenai budaya yang ada di kabupaten Bekasi. Diantara objek-objek wisata yang patut di banggakan itu adalah :

1. WATER BOOM LIPPO CIKARANG
Satu-satunya wahana permainan air bersama keluarga yang terdapat di kawasan Lippo Cikarang. Letak Water Boom Lippo Cikarang tidak jauh dari pintu tol cikarang, jadi darimanapun anda jika melalui tol cikampek keluarlah dari pintu tol cikarang.
Water Boom Cikarang didesign khusus sebagai Taman Rekreasi Air Kelas Dunia dengan konsep nuansa alam Bali yang eksotis. Berbagai aktivitas dan atraksi Air yang menarik, unik, mengasikkan dan penuh dengan petualangan bagi anak-anak, remaja, sampai dewasa dapat Anda rasakan disini!!
Selain menyajikan suasana alam yang Asri, Teduh dan Nyaman,Water Boom Lippo Cikarang juga menyediakan berbagai permainan air yang seru yang bisa dinikmati anak-anak, remaja dan orang tua sekalipun. Fasilitas yang disediakan juga beragam. Diantaranya : slide dewasa, slide anak-anak, kolam arus , kolam ceria, kiddie area, food court & resto, outbond, eco friendly, spa, fish therapy.



            Water Boom Lippo Cikarang, didisain khusus sebagai Taman Rekreasi Air Kelas Dunia dengan konsep nuansa alam Bali yang eksotik. Berbagai macam aktivitas dan atraksi Air yang menarik, unik, dan mengasyikkan dan penuh petualangan bagi anak-anak, remaja sampai dewasa dapat Anda rasakan!! 
(sumber waterboomlippocikarang.com)

2. TAMAN BUAYA INDONESIA JAYA

Taman Buaya Indonesia Jaya yang terletak di pinggir jalan Cikarang-Cibarusah tepatnya terletak di Desa Suka Ragam, Serang, Kabupaten Bekasi. Menyuguhkan hal-hal yang menarik untuk dilihat dan cukup mudah dicapai. Di objek wisata ini memiliki kurang lebih 500 buaya serta menyuguhkan pertunjukan panggung Joko Tingkir, seperti pengenalan terhadap ular berbisa, pergulatan manusia dengan ular python, debus dari Pandeglang serta pertarungan manusia dengan buaya.Taman Buaya Indonesia Jaya merupakan aset bagi Kabupaten Bekasi dari sisi pariwisata. Banyak hal yang bisa diangkat dari tempat ini, seperti pengembangan produktivitas kulit buaya yang didapat dari penangkaran, tempat penyelamatan spesies buaya yang di alam liarnya sudah mulai menyusut selain objek pariwisata.
 (sumber cikarang online)
 

3. WISATA BAHARI

Pantai Muara Gembong

Pantai Muara Gembong terletak di Desa Pantai Sederhana Kecamatan Muara Gembong. Pantai Muara Gembong mempunyai keindahan pesona pantai yang menjanjikan untuk dijadikan objek wisata di Kabupaten Bekasi.
Terdapat wisata hutan bakau yaitu merupakan hutan bakau/vegetasi bakau banyak terdapat di pesisir pantai utara Muara Gembong, akan tetapi kondisinya saat ini telah mengalami kerusakan yang disebabkan oleh penebangan dan terfragmentasi oleh pembuatan tambak sehingga kawasan vegetasi bakau tinggal 386,21 Ha atau 3,4% dari wilayah tersebut berdasarkan data dari analisis Pusat Studi Kelautan tahun 2002. Untuk dapat mempertahankan dan melestarikan mangrove yang ada di pesisir pantai utara Muara Gembong, Tarumajaya, dan Babelan dilakukan usaha sebagai berikut pemanfaatan hutan bakau difungsikan untuk produktifitas yang bersifat berkelanjutan/lestari, dan mempertahankan sistem ekologinya diperlukan peningkatan biodiversitas, khususnya komunitas bakau melestarikan habitatnya.
Di Pantai Muara Gembong Juga terdapat wisata tambak yaitu kegiatan budidaya perikanan pantai di Kabupaten Bekasi terdiri dari budidaya ikan dan udang yang tersebar di tiga kecamatan pesisir yang luas tambaknya sebesar 8.020 Ha, yaitu 7.423 Ha di Kecamatan Muara Gembong, 187 Ha di Kecamatan Tarumajaya, dan 410 Ha di Kecamatan Babelan. Dengan adanya perubahan fungsi yang cukup berarti pada ekosistem hutan bakau di tiga kecamatan tersebut, dapat dibuat/dibentuk tiga model tambak di wilayah pesisir Kabupaten Bekasi yang disebut model Kao-kao, Komplangan, dan Gei Wai.
Kondisi perairan yang tenang di pesisir pantai utara Kabupaten Bekasi merupakan potensi untuk pengembangan budidaya laut (marine culture) untuk berbagai jenis ikan maupun rumput laut. Kondisi ini memungkinkan untuk kegiatan budidaya ikan bandeng di Muara Gembong, Tarumajaya, dan Babelan, sementara rumput laut yang dihasilkan di Pantai Desa Hurip Jaya (Kecamatan Babelan) mempunyai kualitas yang terbaik di nusantara.

Pantai Muara Beting
Pantai Muara Beting terletak di Desa Pantai Bahagia Kecamatan Muara Gembong. Pantai Muara Beting sedang dalam proses pengembangan sebagai potensi objek wisata di Kabupaten Bekasi. Kawasan konservasi terdapat di Muara Gembong sebelah utara sungai Citarum yakni muara Pantai Bendera dan muara Pantai Beting terdapat hutan bakau seluas 70 Ha dimana banyak burung migrasi dari Laut China Selatan dan Laut Pasifik manakala lokasi tersebut setiap tahun arus badai taifun/angin dari arah Pasifik ke China Selatan pada bulan September sampai bulan Februari sehingga terjadi kosentrasi burung migrasi ditempat ini. Selain burung terdapat juga lutung hitam yang sudah langka dan buaya jenis rawa.

Pantai Muara Bendera
Pantai Muara Bendera terletak di Desa Pantai Bahagia Kecamatan Muara Gembong. Pantai Muara Bendera juga sedang dalam proses pengembangan sebagai potensi objek wisata di Kabupaten Bekasi. (sumber jabarprov.go.id)

4. WISATA EKOLOGI (BOJONG MANGGU)

Hiking, pencinta alam dan lainnya, termasuk komunitas kebugaran semua dekat dengan kegiatan wisata, dimana dua hal tersebut bisa saling mengisi. Tempat ini cocok untuk outbound perkantoran maupun rombongan keluarga bertempat di Bukit Kota Delta Mas, Pantai Muara Beting, dan Bumi Perkemahan Karang Indah Bojong Manggu. disana terdapat situ yang bernama Situ Abidin. Situ ini diambil dari nama seorang tokoh ulama besar yang menyebarkan agama islam di Jawa Barat, yang dimakamkan di tempat tersebut. Situ Abidin adalah situ tadah hujan, yang merupakan sumber pengairan bagi 200 hektar sawah di Bojongmangu. (sumber jabarprov.go.id)


5. WISATA INDUSTRI
Wisata edukasi industri memiliki konsep berupa kunjungan secara langsung ke sejumlah pabrik produsen produk ternama di Indonesia yang berada di kabupaten bekasi. Beberapa objek wisata edukasi industri ini adalah kawasan industri yang tersebar di Jababeka, MM2100, Lippo Cikarang, Hyundai, Delta Silikon, dan lainnya.


Kawasan industri di Kabupaten Bekasi diklaim sejumlah pihak sebagai kawasan terbesar di Asia Tenggara dengan jumlah pabrik mencapai lebih dari 4.500 unit. Sehingga memiliki banyak potensi positif bagi pendidikan ilmu bisnis, produksi, dan segala hal yang berkaitan dengan industri kepada para wisatawan. (sumber ultimoparadiso.com)


6. CAGAR BUDAYA / PENINGGALAN SEJARAH.

Saung Ranggon

        Saung Ranggon merupakan salah satu obyek wisata sejarah yang lokasinya terdapat di desa Cikedokan Cikarang barat Kabupaten Bekasi, bangunan sejarah ini sudah ada diperkiran sekitar abad 16 yang dibangun oleh Raden Rangga yang merupakan keturunan dari Pangeran Jaya karta.
(sumber saningfirmansyah.wordpress.com)


Gedung Tinggi /  Gedung Juang 


           Gedung Tinggi, sekarang dikenal dengan sebutan Gedung Juang, hal ini terjadi sejak Gedung Tinggi digunakan sebagai sekretariat Kantor Legiun Veteran Kabupaten Bekasi, terletak di Jl. Hasanudin No.5 Tambun Selatan. Dibangun sekitar tahun 1925 secara bertahap oleh seorang tuan tanah, warga keturunan Cina bernama Kouw Oen Huy (bergelar kapiten) saat itu menguasai tanah pertanian di wilayah Tambun, Teluk Pucung dan Cakuang, serta tanah perkebunan karet. Pada akhir tahun 1947, Belanda menghianati perjanjian Linggarjati dan tanggal 21 Juli 1947 Belanda mengadakan aksi militer pertama, Gedung Tinggi pernah diduduki tentara Belanda/Nica sampai tahun 1949, namun berhasil direbut kembali oleh para pejuang Bekasi pada tahun 1950.

              Itulah sekilas Pariwisata yang ada di Kabupaten Bekasi. Masih banyak tempat wisata alam maupun tempat bersejarah  lainnya jika anda ingin menikmati dan ingin mengetahuinya lebih jauh. Ajak keluarga, saudara, sahabat dan rekan anda untuk mengunjungi pariwisata yang ada di kabupaten Bekasi... ^^

4 komentar:

  1. Daaaan.. k blm pernah menjejakan kaki di tempat2 yg udh La sebutin itu...haha..memalukan nih.. :P pengen banget ke gedung juang tuh sebenernya, penasaran... tp ada aja deh yg ngelarang klo mau ke sana.. -____-'

    BalasHapus
  2. Hihihi... Si kaka cantik belum ke gedung juang tah? :p La pas TK udah kesana kaka sayang... :*

    BalasHapus
  3. ternyata Bekasi sangat kaya dengan obyek wisatanya.. sepertinya akan seru bila berkunjung ke Tempat wisata Bekasi

    BalasHapus
  4. Betul,,,
    Silahkan ajak keluarga, sahabat dan kerabat untuk mengunjungi tempat-tempat wisata yang ada di kabupaten Bekasi... :)

    BalasHapus

Add your Comment now...
Thank you. ^_^